10 Bahasa Badan yang Mendukung Public Speaking Anda

S1psikologi – Bersamaan dengan keberhasilan anda sebagai Enterpreneur, anda akan makin kerap bicara di muka khalayak. Karena itu sangat penting untuk sejak awal kali latih gesture dan bodi language anda saat sampaikan sebuah presentasi. Bodi language yang pas akan memberikan dukungan pengutaraan info kita sekalian tinggalkan impact pada audience. Karena itu ini hari, silahkan kita menulis beberapa gesture yang perlu dilatih.

Apa sajakah gesture dalam public speaking ?

1. Membuka lengan anda.

Untuk tingkatkan keyakinan diri sepanjang lakukan presentasi, anda bisa buka dada dan lengan anda sekalian berdiri dengan bentuk yang tegak. Selainnya membuat kesan-kesan welcome, status ini akan membuat anda untuk bernafas lebih bagus dan dikit demi sedikit anda akan berasa lebih santai.

2. Senyuman.

Senyum membuat audience berasa nyaman. Tidak dapat disangkal jika senyuman ialah senjata khusus untuk memperoleh hati seorang, siapa saja.

3. Pandang mata audiens anda.

Karena anda sedang sampaikan info, karena itu sebarkan penglihatan anda ke audience supaya info anda sampai ke arah. Beberapa lalu seorang pegiat Jiujitsu memberikan anjuran yang sangatlah baik mengenai berbicara, khususnya berdiskusi. Salah satunya panduan untuk memengaruhi audience ialah melihat titik antara ke-2 mata musuh saat kita sedang sampaikan info. Dan saat musuh kita berpendapat, alihkan penglihatan ke pergerakan bibir mereka. Coba praktikkan, selanjutnya terka mengapa harus begitu?

4. Masih tetap tenang, awali dengan gesture yang kecil.

Dengan langkah ini, audiens akan menyaksikan anda jadi orang yang optimis dan perlahan-lahan mulai akan yakin ke info yang anda berikan.

5. Jalan.

Untuk bawa presentasi ke sisi yang selanjutnya, pakai ruang ruangan yang ada dengan jalan (terkecuali bila anda berdiri di tribune 1×1). Misalnya, anda mempunyai 4 point khusus untuk presentasi. Saat anda usai dengan point pertama, pakai cara kecil saat anda mulai bicara point ke-2 . Cara kecil anda akan mensinkronisasi presentasi anda secara berarti. Apalagi, banyak orang condong untuk berperan serta jika mereka berasa dekat.

6. Pakai gesture yang bervariatif.

Untuk jaga perhatian audiens, terkadang kita perlu memakai gesture yang bervariatif. Misalkan pergerakan besar untuk beberapa poin klimaks. Karena itu, latih gesture dari kepala, tangan dan jemari anda.

7. Cuman pakai gesture yang memperlihatkan transparansi.

Misalkan selalu buka tangan dan jauhi masukkan tangan di dalam kantong atau silangkan tangan di dada.

8. Jawab bertanyaan dengan sedikit “pause”

Di saat ada pertanyaan, coba tidak untuk langsung jawab pertanyaan itu. Sedikit “pause” akan memberi bumbu sinetron dan membuat interest audience anda. Baru selanjutnya jawab dengan memandang langsung ke mata audience.

9. Menggangguk dan mengusung jempol

untuk membikin audiens percaya dengan info anda, kadang perlu memakai gesture yang positif seperti menggangguk dan mengusung jempol (y).

10. Tunjuk diri kita saat mengucapkan kalimat positif.

Tahukah anda jika anda bisa membuat kesan-kesan sepanjang presentasi? Triknya, pakai gesture yang menunjuk diri kita secara lembut saat anda menyebutkan kalimat positif seperti luar biasa, mengagumkan, dan sukses. Dan saat mengungkapkan kalimat negatif, lemparkan tangan anda menunjuk keluar.

Mudah-mudahan beberapa tips ini bisa menolong anda jadi lebih baik saat lakukan presentasi di muka umum. Jika menurut anda, bagaimana? Saya ingin dengar opini anda 😉

2 pemikiran pada “10 Bahasa Badan yang Mendukung Public Speaking Anda”

Tinggalkan komentar